TP PKK Desa Karangtengah Raih 2 Juara dalam Ajang Lomba Cipta Menu “Isi Piringku”

Tim Penggerak PKK Desa Karangtengah yang diwakili oleh Ibu Hjh. Kusnaeni, Ibu Suniti Asih dari Pokja III serta didampingi Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Desa Karangtengah berhasil meraih 2 juara yaitu Juara III pada Menu Balita dan Juara Harapan I pada Menu Dewasa dalam Ajang Lomba Cipta Menu “Isi Piringku” untuk Balita usia 2 – 5 tahun dan Dewasa dengan membawakan menu Capcay, Bola – bola Tempe dan Rolade Gurame yang digelar oleh Tim Penggerak PKK Kecamatan Ampelgading terselenggara dengan baik pada hari ini, Rabu (30/10/2019).

Bertempat di Pendopo Kecamatan Ampelgading, Lomba ini telah diikuti oleh seluruh perwakilan dari Tim Penggerak PKK Desa se-Kecamatan Ampelgading yang berjumlah 16 Desa dengan berbagai menu masakan yang berbeda sesuai dengan bahan – bahan lokal daerah setempat yang telah ditentukan pada pertemuan Rapat Pleno bagian Pokja III sebelumnya.

Adapun tujuan diadakannya Lomba Cipta Menu “Isi Piringku” ini yaitu untuk mengkampanyekan slogan “Isi Piringku” sebagai pengganti slogan “4 Sehat 5 Sempurna’ untuk pedoman konsumsi sehari-hari dalam memenuhi gizi seimbang.  Berbeda dengan “4 Sehat 5 Sempurna”, pada menu “Isi Piringku” ini telah menggambarkan porsi makan yang dikonsumsi secara jelas dalam satu piring yang terdiri dari 50 persen buah dan sayur, dan 50 persen sisanya terdiri dari karbohidrat dan protein. Porsi menu yang dibagi menjadi 50 persen piring buah-buahan dan sayuran, 50 persen berikutnya sepertiganya lauk, dua per tiganya makanan pokok yaitu sumber karbohidrat.

Hal ini pun dimaksudkan untuk menekankan agar masyarakat senantiasa mengonsumsi pangan lokal daerah masing-masing, termasuk jenis karbohidrat, protein, vitamin, mineral yang bermacam-macam. Sebagaimana kita ketahui bahwa masyarakat wilayah Desa se-Kecamatan Ampelgading sangat beragam dengan sumber makanan lokal yang melimpah, karena itu sebisa mungkin diutamakan untuk lebih konsumsi penganan lokal.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*